ALASAN KENAPA UANG YANG KITA HASILKAN CEPAT HABIS

Ayo ngaku siapa yang sering mengalami masalah keuangan? Misalnya saat akhir bulan tiba-tiba kamu jadi menghemat uang dan bisa mengatur budget yang paspasan, tapi disaat udah mau gajian kamu malah menjadi manusia yang impulsif yang merasa gak masalah untuk mengeluarkan 50 ribu demi segelas kopi.

Kira-kira kamu pernah mengalami seperti itu gak terus gimana cara ngatasinnya? sebenernya pertanyaan itu harusnya ditujukan untuk diri sendiri ya. Karena secara gak sadar kita sering banget bilang bahwa ‘tenang aja kan masih ada bulan depan’ if you notice that, pemikiran seperti inilah yang malah membuat kiat jadi sering mengeluarkan pengeluaran yang gak penting, padahal kalau gak dilakukan juga gak buat kita mati.

Terkadang di musim-musim tertentu atau di tanggal hari-hari penting selalu ada diskon besar-besaran di mall. Cobalah mulai sekarang untuk alihkan pandangan sebelum kamu menyumbang isi domper dengan diskon yang diberikan. Jangan sampe ada alasan ‘tapi kan ini ada potongan sampai 50%’ kenyataannya gak peduli seberapa besar diskon itu didapatkan, tapi tetepa saja uang kamu akan melayang dari dompet. Harusnya kamu lebih bisa tanya pada diri sendiri, ‘apakah memang sepatu ini dibutuhkan? Atau apakah aku perlu lipstick baru?’ kalau jawabannya tidak lebih baik kamu taruh barang tersebut dan segeralah keluar dari toko.

Ada kalanya lagi ketika sedang scrolling Instagram membuat kamu bermimpi ingin bisa berkeliling dunia. Tapi asalahnya emang budget yang kamu sekarang bisa mencukupinya? Kalau memang gak cukup ya kamu gak usah sedih. Sebenernya yang kamu butuhkan sekarang tuh hanya waktu kok. cari tau dulu kemana dan kapan amu ingin liburan. Lalu jangan lupa untuk sisihkan uang setiap minggunya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kamu penasaran gak kenapa sih hal apa lagi yang bikin uang selalu habis gak jelas padahal mungkin belanja pun jarang? Jawabannya adalah terlalu sering minum kopi. Kok bisa? Iyalah jelas, apa yang kamu butuhkan bisa tertukar dengan apa yang kamu inginkan. Masalahnya apakah kamu benar-benar harus mengeluarkan uang dengan range 30-50 ribu per hari untuk segelas kopi? Coba deh itung lagi berapa yang kamu habiskan dari waktu sebulan. Kamu bisa habis kurang lebih sejuta loh setiap bulannya untuk kebutuhan kopi doang.

Mau tau faktor lainnya lagi? kamu menjadi manusia yang impulsif. Suatu saat ada kalanya pasti kita dapat pekerjaan baru atau naik jabatan dan mungkin kamu harus tampi secara sempurnya. Tapi bukan berarti kamu punya alasan untuk belanja ketika sebenarnya gak ada yang salah dengan lemari baju kamu. Sejatinya orang-orang pun gak akan ada yang tau ko, apakah bajumu itu masih baru atau sudah 3 tahun yang lalu. 

Bukan perihal baju baru atau naiknya kamu diposisi jabatan yang baru, tapi bagaimana etika bekerja dan juga performa kerja yang baik. Sebenernya sah-sah aja kalau kamu mau beli baju baru, tapi perhatikan lagi ya dalam dunia fashion itu kamu bisa mix and match. Perhatikan juga isi lemari kamu, apakah masih ada yang bisa terpakai atau engga, jika gak ada lebih baik disumbangkan atau beri kepada orang yang membutuhkan. Dengan begitu kamu pun tau apa saja item yang bisa gak dimiliki sehingga bisa dibeli di kesempatan lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *