ALASAN KENAPA UANG YANG KITA HASILKAN CEPAT HABIS

Tidak ada kerja yang melelahkan, semunya pun pasti ada plus minusnya. Cari uang gak ada yang gampang, pasti selalu ada pengorbanan yang harus di lakukan. Tapi kenapa orang-orang selalu gampang sekali menghabiskan uang? Apa karena mereka berpikir bulan depan pasti akan dapat lagi?

Setiap orang pasti selalu ada pemikiran bahwa sudah kerja full dari senin sampai jumat, pagi sampai malam, dan sudah pasti itu sangat melelahkan. Jika hari jumat tiba biasanya banyak disenangi oleh orang-orang karena akan memasuki weekend. Kamu pun pasti merasa bahwa sah-sah aja untuk hangout sampai larut malam apalagi setelah melewati hari-hari yang melelahkan. Tapi mohon diingat lagi bahwa kebiasaan seperti ini bisa membuat kamu lelah terutama pas tau banyaknya uang yang telah dihabiskan untuk ‘menghibur diri’.

Padahal banyak kegiatan yang lebih murah dan mungkin pengalamannya jauh lebih memorable. Kamu pun gak akan merasal bersalah dengan dompet dan menyesal dikemudian hari. Pilihan lain yang bisa kamu bisa menghabiskan waktu dengan sahabat misalnya Netflix-an dirumah tanpa harga menguras dompet.

Alasan lainnya yang bisa bikin menguras dompet yaitu daftar member gym. Sebagian orang mungkin pernah membuat kesalahan diri sendiri untuk mendafatkan diri menjadi member gym, dengan alesan biar gak males olahraga. Setidaknya jika kamu ingin terdaftar menjadi member, kamu bisa berpikir untuk beberapa bulan kedepan atau mungkin member tahunan? Karena olahraga itu harus punya komitmen yang kuat, jika kamu putus ditengah jalan juga akan sangat percuma.

Jika tempat gym yang daftari menyediakan trial sessions, coba deh kamu lakukan itu terlebih dahulu. Setelah itu pikirkan lagi, apakah kamu yakin akan menghabiskan uang sebanyak itu untuk ngegym? Terus pikir lagi deh, kapan kamu ada waktu untuk ngegym? Kalau misalnya kita memang niat untuk berolahraga, sekarang banyak kok aplikasi gratis yang bisa memandu kamu dalam berolahraga. Belum lagi banyak video-video di youtube yang bisa diputar ulang secara terus-menerus.

Hal lain mungkin yang gak pernah terpikirkan oleh kamu, dimana kamu ingin punya reward diri sendiri. hal yang paling baiknya mungkin akan menjadi sangat efektif bila kamu melakukan itu semua setelah tugas besar kamu selesai. Tapi jangan sampai reward ini kamu lakukan terus-terusan setiap minggunya. Kamu harus memperhatikan betul berapa budget yang akan di keluarkan untuk membahagiakan diri sendiri. Sebelum melakukan itu semua tanya lagi pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar membutuhkan reward tersebut? apakah itu hanya keingin semata?

Dan yang terakhir dimana ketika ada bonus yang datang ke rekening kita malah membuat jadi lupa diri. Gak ada salahnya sih untuk kamu yang ingin berfoya-foya, toh itupun hasil keringat jerih payah sendiri, tapi ingat tabungan masa depan kamu udah diisi belum?

Pikirkan lah kehidupan di masa depan, apa sih yang ingin kamu capai di 5 tahun kedepan? Apakah menikah? Beli rumah? Gunakan hal itu sebagai motivasi kamu untuk menabung, ya itung-itung kamu menghabiskan uang namun ada hasilnya dikemudian hari. Tapi kalau kamu mikirnya ‘hidup cuma sekali, kapan lagi kalau gak bisa kaya gini’ ya its fine, asalkan tetap sesuai budgetnya. At least kamu masih bisa berapa persennya untuk menambung. Gak perlu liat nominal untuk menabung, karena lebih baik menambung sedikit demi sedikit tapi menjadi bukit, daripada gak menabung sama sekali.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *