BAGAIMANA KEHIDUPAN DI KOREA UTARA?

Mungkin sebagin dari kalian pasti bertanya-tanya bagaimana kehidupan di Korea Utara? Sebagai mana yang kita ketahui bahwa negara tersebut memiliki aturan yang cukup ketat dalam menjalani kehidupan. Banyak juga larangan yang sebenarnya itu adalah hal yang wajar di kalangan masyarakat seluruh dunia. Tapi kalau memang udah lahir disana sih kayanya akan merasa biasa aja akan hal itu, namun bagaimana kita bisa mengetahui kehidupan disana tapi negara itupun sangat tertutup daripada yang lain?

Negara diktator ini menganut paham komunis dimana membuat mereka yang memiliki kekayaan aka nada batasan terhadap penggunaan uang mereka. Kok bisa ya? bahas sama-sama yuk!

Mulai dari makanan, makanan di negara ini jumlah sangat terbatas sehingga masyarakat yang punya kesulitan ekonomi akan susah mendapatkannya. Kesenjangan sosial di Korea Utara itu terlihat sekali perbedaannya, dimana kalau menjadi orang kaya disini akan memiliki akses makanan sangat mudah.

Lalu negara itupun sangat melarang keras untuk mendengarkan musik dari luar yang masuk ke wilayah mereka. Tidak hanya musik saja tapi film barat pun kayanya mereka ga akan tau, apalagi drama korea ya. Intinya ga ada hiburan apapun yang boleh masuk ke negaranya, kecuali dari dalam wilayah mereka sendiri. Padahal itu adalah satu satu hiburan yang ampuh jika kita bosan dengan hiburan dalam negeri, bagaimana ya dengan mereka?

Jika operasi plastik di Korea Selatan sudah menjadi hal yang umum, bahkan anak yang sudah memasuki usia legal biasanya akan mendapatkan hadiah untuk operasi plastic. Namun berbeda dengan di Korea Utara, disana hanya orang tertentu saja yang bisa melakukan operasi plastic, itupun hanya untuk operasi mata dan implant hidung. Bagi orang dikalangan atas, harga untuk operasi plastik disana relative murah tapi tidak bagi masyarakatanya yang mendapat gaji di bawah rata-rata.

Untuk soal penampilan, Korea Utara pun punya aturan sendiri atas model rambut seseorang. karena ga semua model rambut akan diterima di negara, maka dari itu perlu persetujuan dulu sebelum memotong rambut, seribet itu ya. Kalau kamu ingin tahu, di Pyongyang, tukang cukur sudah menyediakan contoh model rambut yang sudah diakui oleh negara. Tapi ternyata ketika Kim Jong un sudah mengambil alih kekuasaan, aturan yang dipakai tidak terlalu ketat namun masih tetap dalam aturan. Dimana wanita yang sudah tua hanya boleh memiliki rambut yang pendek sedangkan yang lebih muda bisa lebih sedikit panjang.

Setiap orang di dunia ini pasti selalu punya setidaknya satu celana jeans untuk pergi. Tapi berbeda dengan negara yang satu ini, pemerintah melarangnya bagi siapapun yang berani memakai celana jeans. Ketika ada masyarakatnya yang memakai celana jeans akan disebut sebagai tanda imperialisme terhadap Amerika. Namun larangan ini hanya berfokus pada Hamgyong utara dan Yanggang.

Lalu bagimana fashion disana? Intinya pemerintah melarang untuk memakai baju yang terlalu bercorak, baju yang seksi karena ada yang malah jadi malapetaka, dilarang memakai mantel berbulu dan harus memakai celana panjang yang longgar. Karena polisi setempat akan menangkap siapapun yang melanggar mengenai aturan berpakaian khusunya pada wanita.

Ingin berlibur ke kota lain karena ingin refereshing? Aduh jangan harap deh kalau di Korea Utara bisa. Pasalnya setiap masyarakat yang ingin keluar kota ga bisa sembarang, mereka harus izin ketika pergi dke kota lain. Selain itu mereka ga punya transportasi umum yang bisa menghubungkan setiap kotanya. Keluar kota aja ga bisa, apalagi yang mau berlibur ke luar negeri ya? gak kebayang deh…

Yang terakhir, internet disana pun sangat amat terbatas. Entah hiburan apa yang bisa mereka gunakan, karena mengakses situs dari mana pun tidak akan bisa. Huhu kebanyang gak sih?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *