CIRI-CIRI TUBUH YANG KELEBIHAN KADAR GULA

Gula merupakan salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh untuk dibubah menjadi energi, dimana energi memang sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Hal ini bukan mengartikan bahwa kamu harus mengonsumsi gula secara terus menerus agar energi tetap on. Karena kelebihan kadar gula dalam tubuh pun tidak baik bagi kesehatan, salah satu akibatnya bisa terserang diabetes dan obesitas.

Untuk mengetahui apakah tubuh kita kelebihan gula atau tidak, kami sudah merangkum beberapa tanda atau ciri-ciri pada tubuh yang kelebihan gula. Jika kamu pernah merasa salah satunya, lebih baik waspada ya guys!

Ciri-Ciri Tubuh Kebnayakan Kadar Gula

1.Berat badan yang naik secara drastis

Gula bisa disebut juga dengan kalori. Jika banyak kalori yang masuk dalam tubuh, itu sama saja dengan gula yang masuk tubuh pun banyak. Yang namanya gula pasti rasanya manis maka akan membuat kamu terus-menerus menginginkannya. Disamping itu gula sama sekali tidak ada kandungan serat dan protein, makanya gula tak bisa bikin kenyang.

Saat seseorang kelebihan banyak gula akan meningkatkan hormone insulin yaitu hormon yang berpengaruh besar terhadap kenaikan berat badan. Pada saat yang sama juga, pankreas akan mendistribusikan gula ke seluruh tubuh untuk menjadi energi. Jika produksi insulin meningkat bisa menyebabkan resistensi insulin, atau keadaan tubuh yang sudah tak bisa menerima insulin pada jumlah yang normal. Hal inilah yang sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan, belum lagi berat badan yang naik akan memicu datangnya penyakit serius.

2.Selalu ingin makan yang manis-manis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saat seseorang sedang mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula, pastikan akan merasa ingin makan terus menerus. Gula ini memang punya efek adiktif yang bisa membuat ketaguhan. Sudah dibahas juga diatas bahwa gula yang terlalu banyak masuk ke tubuh akan meningkatkan produksi induslin di pankreas. Begitu pula saat sedang mereda, orang tersebut akan menginginkannya kembali.

3.Sering cepat capek

Produksi insulin yang sangat tinggi akan membuat penurunan produksi yang sangat cepat pula. Hal ini bisa dibuktikan saat gula diubah menjadi energi, membuat energi tersebut cepat hilang yang berujung membuat mudah capek. Karena banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi gula akan cepat kenyang, padahal jika seseorang sudah terjerumus pada gula, pastinya ia akan lupa dalam mengonsumsi protein yang dimana penting untuk menjadi energi.

4.Masalah gigi

Kadar gula yang tinggi bisa membuat gigi berlubang karena pH dalam mulut tak seimbang. Masalah seperti ini akan mengakibatkan bakteri menjadi menumpuk dan bisa berkembang biak pada mulut sehingga akan merusak gigi.

5.Sering pusing

Penyebab pusing itu bermacam-macam, tapi salah satunya yaitu kelebihan gula dalam tubuh. Proses pada kenaikan dan penurunan hormone insulin itu terjadi sangat cepat, jadi bisa saja ketika tubuhmu tidak siap akan hal itu mahal membuat pusing seketika terlebih saat setelah makan.

6.Masalah kulit

Jerawat tak hanya disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat misalnya makan sembarangan, terlalu banyak minyak atau berlemak. Makanan manis seperti coklat atau yang mengandung banyak gula akan memicu tumbuh jerawat.

7.Mood yang tidak stabil

Seseorang yang mengonsumsi banyak gula biasanya memiliki mood yang sangat berubah-ubah, mereka cenderung memiliki mood swing yang sangat cepat.

Gula memang tidak bisa dihindari dari tubuh, tapi kita pun harus bisa sayang kepada diri sendiri dengan cara mengotrol asupan gula. Gejala-gejala diatas harus kalian perhatikan dan waspadai, gak mau kan terserang penyakit? boleh saja sesekali makan makanan manis yang kamu sukai, asal jangan berlebihan dan selalu ingat porsinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *