HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MENGALAMI HAID PERTAMA KALI

Setiap perempuan ada kalanya mengalami haid untuk pertama kalinya, hal seperti ini akan dialami oleh peremuan yang sudah aqil baligh dan pastinya setiap peremuan berbeda waktunya. Haid ini pertanda bahwa seseorang akan memasuki usia remaja, untuk itu mereka pun harus siap untuk berkembang menjadi lebih dewasa lagi.

Dengan datangnya haid pertama kali juga terkadang bisa membuat pressure bagi beberapa anak perempuan, karena sejak saat itulah mereka harus bisa mempertanggung jawabkan dirinya sendiri entah itu dari hal-hal baik ataupun buruk. Tak hanya itu, ada beberapa anak perempuan juga yang belum siap untuk mengalami masa seperti itu. Tapi bagaimana lagi, kita gak bisa menolak kan? jadi buat kamu yang baru pertama mengalami hal seperti ini jangan panik ya, pastikan kamu baca informasi dibawah ini terlebih dahulu.

Akan selalu ada masanya kaget ketika kamu mengalami keputihan yang gak wajar. Itu bukan salah satu penyakit kok, itu memang suatu tanda bahwa haid akan datang. Hal itu akan terjadi beberapa bulan sebelum datangnya haid. Dengan begitu kamu akan tau, bahwa tanda-tanda anak haid pastinya selalu ada keputihan, jadi gak usah kaget lagi ya.

Ketika saat haid mulai keluar, kamu gak akan langsung melihat darah yang langsung berwarna merah. Biasanya darah yang keluar pertama kali ini berwarna lebih gelap nyaris warna coklat kehitaman. Itu bukan kelainan ya guys, tapi memang pasti semua perempuan mengalami hal seperti itu. Warna darah yang gelap mengartikan bahwa darah tersebut sudah lama tersimpan di rahim, gak heran kalau warna darahnya menjadi menggelap. Darah seperti ini pun selalu ada diawal dan akhir saat haid.

Nah untuk kamu yang baru pertama kali mengalami haid, ada baiknya kamu harus mencatat tanggal berapa setiap bulannya. Dengan begitu kamu tau kapan harus berjaga-jaga saat mau datang bulan. Catat setiap tanggal awal dan tanggal akhir dalam setiap periodenya. Kamu pun bakal tau kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi jika kamu telat saat haid.

Haid di bulan kedua pun biasanya sedikit telat dari tanggal yang sudah di perkirakan. Karena siklus haid dari bulan sebelum dan berikut berjarak 28 hari. Jika memang lebih atau kurang dari 28 hari tetap jangan panik, itu sangat wajar sekali. Cepat atau lambatnya haid bisa disebabkan oleh hormon, apakah kamu sedang stress atau mungkin lagi subur-suburnya.

Saat haid pertama kali memang kita harus tau bagaimana penggunaan pembalut dan kamu pun harus pintar-pintar dalam mencari pembalut yang nyaman saat dipakai. Di haid hari pertama dan kedua merupakan hari dimana darah yang keluar sangat banyak, untuk itu kamu harus mencari pembalut yang gampang meresap dan gak gampang bocor. Sehingga saat kamu beraktivitas pun gak keganggu.

Gejala saat mau datang haid pun berbeda-beda tergantung individu, ada yang mood swing, keluar jerawat, badan pegal-pegal, sakit kepala dan yang paling mendominasi adalah kram perut. Tapi gejala ini gak selalu terjadi ya pada setiap perempuan ya. Gejala seperti itu biasanya akan muncul saatu sehari atau dua hari sebelum haid dan dinamakan sebagai PMS (pramenstruasi). Gejala seperti di atas sangat wajar terjadi, tapi jika kamu mengalami gejala yang gak masuk akal seperti kram perut yang tak tertahankan segera periksakan ke dokter.

Karena kamu sudah mentracking tanggal berapa kamu bakal haid, gak ada salahnya untuk selalu bawa pembalut kemanapun dan kapanpun apalagi sudah mendekati tanggalnya. Kita gak pernah tau kapan haid bakal terjadi, jadi gak ada salahnya selalu bawa pembalut di tas kamu untuk berjaga-jaga saat sewaktu-waktu keluar. Even itu gak terpakai untuk kamu, siapaun ada teman atau keluarga yang membutuhkannya, jadi gak perlu nyari-nyari lagi deh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *