HIDUP SEHAT DENGAN TIDAK MEROKOK, BAGAIMANA CARA BERHENTINYA?

Merokok adalah suatu habit orang Indonesia bahkan warga negara lain. setiap tahunnya pun selalu ada saja kematian yang disebabkan oleh rokok. Kini yang merokok pun hanya orang dewasa saja, tapi sudah banyak anak kecil yang mulai mencoba-coba untuk merokok. Karena pergaulan yang gak baik, kebiasaan ini bisa menular kepada orang lain.

Sebahaya apa merokok itu? seperti yang sudah sering kita lihat pada iklan atau pamphlet di jalanan, dimana merokok bisa berbahaya menyerang berbagai penyakit khususnya pada organ-organ vital. Kamu pasti tau kan bahayanya apa saja, bahkan bisa sangat berdampak bagi ibu hamil. Lalu asap rokok yang dihasilkan dari pembakaran tembakau itu bisa menyebabkan kanker, karena asapnya tersebut mengan karsiongenik. Ada juga racun-racun jahat yang bisa masuk ke tubuh hingga menyebabkan kematian.

Sepertinya memang akan sulit bila menyuruh orang lain untuk berhenti merokok, sebelum orang tersebut sudah terkena dampaknya misalnya penyakit. Tapi tidak ada salahnya untuk mengurangi intensitas merokok, mungkin sulit tapi kalau di coba akan terbiasa. Teruntuk kamu yang lagi berusaha untuk berhenti merokok, mungkin tips-tips di bawah ini bisa membantu. Karena berhenti merokok bukan berdampak buat diri sendiri tapi juga orang lain.

cara berhenti merokok

1.Niat dari dalam hati

Bukan karena suruhan orang lain, bukan juga karena untuk orang lain, tapi berhenti merokok itu memang benar-benar harus tertanam niat dari dalam hati. Komitmen memang sulit untuk di jalankan, tapi kamu pun pasti punya alasan tersendiri kenapa mau berhenti merokok. Niat itu harus kuat sehingga ketika kamu menjalankan kehidupan tanpa merokok kamu merasa baik-baik aja.

Biasanya ada tujuan baik dibaliknya kamu mau berhenti merokok, untuk itu niatlah dan ikuti apa kata hati, sekiranya belum ada niat gak ada salahnya kok untuk mengurangi merokok. Jadi jangan sampai berhenti merokok karena paksaan dari orang lain karena itu bakal gak bener.

2.Tentukan waktu

Setelah sudah membuat niat yang matang, sekarang tinggal tentukan mau kapan kamu berhenti. Apakah minggu depan? Bulan depan? Atau hari esok? jika kamu sudah menetapkan waktu kapan kamu akan berhenti, mulai lah bicara kepada orang-orang disekitarmu untuk membantu agar mereka tidak merokok di dekatmu.

Memang setiap perokok itu gak bisa langsung benar-bener berhenti, tapi kamu bisa mencoba untuk mengurangi batang rokok setiap harinya. Misalnya satu hari satu bungkus, kali ini satu bungkus untuk 2 hari atau 3 hari lebih bagus. Intinya memang gak bisa langsung tapi seharusnya setiap hari selalu ada progress yang baik.

3.Jauhkan pemicu untuk merokok

Merokok memang selalu pas waktunya saat sedang kopi senja atau minum alcohol. Nah mulai sekarang kamu harus bisa menghindari pemicu-pemicu tersebut. Sekalipun hati kamu gak kuat, kamu akan mudah tergiur untuk merokok kembali. Selain itu jgua kamu harus bisa berbicara dengan orang-orang disekitarmu. Karena sering kali ada teman atau keluarga yang gak mendukung, malahan sering ditawari untuk merokok kembali. Dengan kamu memberi tahu yang lain, mereka pun akan mengerti untuk gak merokok di depan kamu.

Setelah makan pun rasanya gak lengkap ya kalau gak merokok dan kebiasaan ini bisa kamu ubah mulai dari sekarang dengan cara menggantinya dengan makan cemilan atau buah.

4.Pikirkan kembali berapa uang dikeluarkan

Pernah kepikiran gak seberapa banyak uang yang telah kamu keluarkan untuk membeli satu bungkus rokok dalam sehari? Mungkin kamu yang sudah untuk menabung atau masih minta orang tua untuk beli barang, yuk kali ini gantilah budget rokok untuk keperluan yang lebih penting. Coba deh kira-kira kamu uang rokok itu kamu tabungkan dalam sebulan, kira-kira kamu sudah bisa membeli barang apa?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *