KENAPA GAJI MU SELALU CEPAT HABIS?

Anak remaja sekarang atau kaum milenial saat ini selalu dianggap lebih keren di kehidupan jaman sekarang dan hidup mereka ga jauh dari media sosial.

Dengan selalu melihat kehidupan orang lain di media sosial, secara tidak sadar kita menjadi pribadi yang konsumtif untuk memenuhi gaya hidup.

Kalau kita ga bisa mengontrol gaya hidup sesuai budget, itu bahaya banget loh! Kita akan gampang terjerumus ke hal-hal yang buruk.

Kemana Sih Gajimu Selama Ini?

Sebagian besar dari millennial juga ternyata masih banyak yang memakai uang orang tuanya. Mereka terlalu di manjakan sehingga apapun dimudahkan dengan uang, padahal mereka ga tau betapa susahnya mencari uang.

Sudah menjadi hal umum bahwa generasi milenial ini ga takut untuk menghabiskan uang mereka untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Biasanya remaja-remaja tersebut sering kali ini terlihat ‘wow’ di depan orang lain, sampai-sampai mereka harus menghalalkan segala cara.

Aktivitas sosial yang tingga, atau salah akan pergaulan akan membuat kita hidup penuh dengan kegengsian.

Padahal di umur kita yang sekarang, kita harus sudah pintar menabung untuk masa depan. Kita ga bisa terus bergantung kepada orang tua. Dimulai nabung kecil-kecilan kalau semakin lama kamu lakuin pasti akan jadi gunung kan?

Apa kamu sadar, berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam sebulan yang sebenarnya sebagian besar bisa kamu tabung? Kali ini coba kita pikirankan bersama yuk apakah benar uang kamu habis gara-gara ini.

1.Gaya hidup yang ga sesuai dengan budget

Pernah dengar kata BPJS? Bukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ya. BPJS disini diartikan sebagai Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita.

Maskudnya adalah banyak milenial sekarang yang sering mengikuti tren tetapi tidak sesuai dengan kanton.

Hal ini mereka ikuti karena dianggp wajib agar masih bisa berteman dengan selevelnya. Padahal ketika kamu melakukan sesuatu agar bisa dianggap lebih oleh orang lain, kamu berada di lingkungan yang tidak baik.

Pola inilah yang akan membuat orang-orang akan selalu konsumtif dan merasa dirinya selalu kurang.

2.Travelling

Travelling merupakan suatu kebutuhan bagi beberapa orang. Kita bisa melakukan self-reward dengan travelling, memang travelling menghilangkan stress dari waktu kerja kamu.

Tetapi jika kamu travelling secara berlebihan pasti akan mengeluarkan uang yang sangat banyak dan secara tidak langsung akan menyebabkan pemborosan terhadap uang bulanan.

3.Belanja hal-hal yang gak perlu

Terkadang ketika kita sedang pergi ke mall atau sedang melihat-lihat e-commerce, pasti saja ada barang yang ga sengaja kita beli.

Padahal kalau di pikir-pikir lagi barang tersebut tidak terlalu penting. Hal-hal seperti ini yang harus dapat di control, karena jika tidak kita akan selalu keenakan dan menganggap bahwa kita akan selalu berkecukupan.

4.Kopi

Nah siapan nih yang hobinya ngopi jadi anak senja sambil nongkrong bareng teman? Salah satu faktor yang bisa membuat uang kita cepat habis adalah ini.

Karena tanpa kita sadari, kita akan spend bisa sampai 30-50 ribu rupiah dalam sekali ngopi.

Coba bayangkan kalau misalnya ngopi sudah menjadi kebiasaan kamu, misalnya 2-4x dalam seminggu dan dikalian dengan harga kopinya lalu coba hitung berapa biaya yang kamu keluarkan dalam sebulan?

Selain itu biasanya para milenial akan sering mengunjungi café-café yang sedang ngehits demi update di media sosial. Tujuan utama dari nongkrong juga hanya sebatas untuk mencari stock foto. Bener gak?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *