TIPS MENABUNG BAGI KAMU YANG BOROS!

Indonesia sedang dilinda oleh pandemic global yang membuat banyak sektor seperti pendidik, bisnis, pariwisata termasuk perekonomian terkena dampaknya langsung.

Apalagi bagi kamu yang masih sering meminta uang ke orang tua, pasti deh beberapa bulan ini di potong uang bulanannya.

Bahkan sekarang banyak sekali orang-orang yang melakukan bisnis agar mereka mempunyai uang jajan sendiri.

Tips Menabung Yang Harus Kamu Coba

Terlepas mereka kalangan muda atau tua, semua sekarang menjalani bisnis. Mungkin karena banyaknya pegawai yang di PHK atau mungkin di rumahkan sehingga mereka tidak dapat gaji full seperti biasanya.

Nah ini ada beberapa tips buat kamu yang masih suka boros, padahal pendapatan kamu sedang seret. Simak yuk siapa tau ini berguna buat kamu!

1.Cari penghasilan alternative

Saat kondisi seperti ini, semua serba sedang kesusahan, ekonomi negara pun sedang turun dan kamu gabisa hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja, misalanya dari orang tua.

Ketika kamu sudah memasuki umur 20, jangan sampai kamu masih mikir apa-apa bisa dipenuhi oleh orang tua, karena hidup itu berputar kadang diatas dan kadang dibawah.

Oleh karena itu cobalah cari pekerjaan yang freelance, atau kamu membuat usaha sesuai hobi misalnya masak.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan penghasilan sementara, iseng-iseng buat mengisi waktu juga kan.

2.Lebih explore diri

Kalau kamu sering nongkrong atau pergi kesana kemari memang tidak ada salahnya, namun apakah dengan kamu nongkrong terus-terusan akan mendapatkan penghasilan?

Tentunya tidak. Kamu harus bisa explore diri misalnya mengobrol dengan orang yang sudah punya pengalaman banyak.

Atau misalnya kamu sering bermakeup, kamu bisa membuat video video tentang makeup di youtube, karena youtube juga merupakan platform untuk mencari uang.

3.Mengatur pengeluaran

Mengelola keuangan itu sangat penting dan hal inipun benar-benar harus di tancapkan sejak remaja agar kamu bisa terbiasa ketika sudah punya gaji sendiri.

Kamu bisa membuat note untuk apa saja yang pernah kamu keluarkan. Jangan sampai transaksi yang kamu lakukan melebihi pendapatan yang kamu terima.

Kamu harus pintar-pintar memilih mana yang perlu dan tidak perlu. Terlebih kamu harus mempunyai bisa sisihkan untuk di tabung berapa persen dari pendapatan.

4.Buat Dana Darurat

Dana Darurat ini kamu alokasikan benar-benar untuk dana di masa depan. Dana ini bisa dipakai ketika sewaktu-waktu benar di butuhkan dan untuk dana yang penting.

Ketika kamu menabung sekian persen dari jumlah penghasilan, kalau bisa di pisahkan lagi dari dana darurat.

5.Tidak usah punya Credit Card

Kalau kamu temasuk orang yang ga bisa mengelola uang, sebaiknya kamu jangan membuat Credit Card.

Ketika tagihan membludak, kamu akan kaget sendiri. Selagi kamu bisa menyisihkan untuk beberapa bagian, pasti kamu bisa menabung dengan baik.

Karena ketika kamu punya credit card kamu akan merasa keenakan seperti tidak ada beban.

6.The Power of 20.000

Pernah gaksih kamu melakukan ini? mungkin untuk sebagian orang sudah gak asing dengan cara menabung yang satu ini.

Cara Nabung ini sangat simple, yang harus kamu lakukan yaitu menyipakn sebuah celengan atau tempat untuk menyimpan uang.

Lalu kamu harus memasukan hanya uang Rp 20.000 bukan nominal yang lain. Ketika kamu rajin menabung tiap hari, dengan uang 20.000 ini kamu bisa mengumpulkan hingga 600.000.

Tempat penyimpanan ini lebih baik jangan yang transparan, karena dengan begitu kita akan penasaran berapa duit yang sudah kita tabung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *