TIPS MENABUNG YANG TIDAK MENYIKSA DIRI SENDIRI

Ketika seseorang merasa punya banyak uang, biasanya mereka tidak akan sadar how they spent their money. Mereka pastinya akan berpikir ‘uang gak bakalan habis, besok-besok juga pasti datang lagi’ no no no, mulai sekarang jangan pernah berpikiran seperti itu. Saat gajian tiba atau uang bulananmu cair, biasanya seseorang bisa lebih bahagia dalam menjalankan aktivitasnya. Semangatnya pun sangat berbeda ketika sudah memasuk tanggal tua.

Sama halnya dengan para perempuan yang sering merasa di hipnotis bisa sudah melihat tanda diskon dimana-mana. Pastinya kamu bakal rela menghabiskan uang demi mendapatkan barang yang kalian inginkan. Hal seperti ini malah menjadi boomerang sendiri ketika uang gajian yang seharusnya bisa cukup sebulan, tapi malah habis dalam waktu sekejab.

Kunci dari itu semua adalah menabung. Seberapa besar atau kecil pendapatan kamu, kamu wajib menabung. Untuk apa? Ya balik lagi untuk kamu hidup. Memang tak semua bisa mengatur keuangannya dengan baik, tapi masa ia sudah berpenghasilkan masih tidak bisa menyimpan uang? Malu dong kalau akhir bulan masih minta ke orang tua. Dan jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari dikarenakan kamu tak memiliki simpanan apapun.

Nah untuk itu, simak dulu yuk nabung yang gak bikin hidup kamu menderita dan kamu pun bisa tetap bersenang-senang.

1.Bagi dua rekening antara tabungan dengan uang operasional

Maksudnya gimana sih? jadi step pertama ini merupakan langkap paling sederhana agar nabung kamu bisa berjalan lancar. Entah mau dibedakan lewat rekening atau dompet itu bebas, asalnya kedua uang itu dipisah. Tapi memang lebih baik dibuat dengan rekening yang berbeda, jadi saat income masuk ke rekening satu, barulah kamu membaginya beberapa persen untuk menjadi uang operasional ke rekening lainnya. Uang inilah yang akan kamu pakai untuk jajan, belanja, beli pulsa, bensin, makan dan kegiatan yang lainnya.

2.Catat income dan outcome

Sebisa mungkin, uang apapun yang masuk dan keluar, kamu catat baik-baik agar kamu tahu uang itu tuh habis untuk apa saja. Misalnya hari ini kamu beli bensin, besok nongkrong di café, nah itu semua ada baiknya jika dicatat. Sehingga saat mendekati habis, kamu pun tidak akan kaget. Jaman sekarang sudah canggih guys, banyak kok aplikasi yang bisa membantu kamu dalam mencatat uang. Selain itu kamu pun bisa pergunakan excel, itung-itung bisa sekaligus belajar kan!

3.Kurangi Hasrat jajan

Saat pandemic gini memang selalu banyak diskon dimana-mana, tapi pikirkan baik-baik apakah kamu sedang membutuhkan barang tersebut atau tidak. Hasrat ini harus di kontrol bukan pada saat kamu gajian saja, tapi setiap hari bahkan setiap kamu melihat e-commerce atau datang ke mall. Memang pasti ada rasa kebanggaan sendiri saat melihat barang yang disukai dijual dengan harga yang miring, tapi kebanggan itu hanya sesaat. Selebihnya ya uangmu juga tetap akan kekuras juga.

Belum lagi jika kamu sering minum kopi, coba deh hitung seberapa banyak cangkir kopi yang kamu beli setiap bulannya? Kopi atau boba memang banyak digemari oleh banyak orang, tapi ingat lagi seberapa banyak sih uang gajian kamu sampai bisa nongkrong tiap hari demi secangkir kopi?

4.Selalu ingat kebutuhan lebih penting daripada keinginan

Banyak yang tidak sadar bahwa sebagian orang menghabiskan uangnya hanya untuk membeli keinginan. Sedangkan priotiasnya tak pernah terpenuhi, nah ada baiknya pada awal bulan kamu bisa mengalokasikan dulu kepada kebutuhan kamu yang benar-benar penting. Selebihnya jika ada sisa bolehlah membeli barang yang kamu inginkan. Misalnya seperti membeli lipstick, padahal kamu memiliki puluhan lipstick yang berbeda, pikirkan lagi ‘apakah lipstick tersebut akan terus-menerus dipakai?’ sedangkan lipstick lainnya pun belum habis bahkan masih banyak yang belum di buka dari box nya.

Nah itu dia 4 tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga dengan begitu kamu akan terbiasa menabung. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *