UCAPAN SEDERHANA TAPI SECARA GAK LANGSUNG UDAH BODY SHAMING, APA AJA YA?

Body shaming merupakan komentar terhadap fisik seseorang dan sudah menjadi penyakit mulut yang ada di masyarakat. Orang Indonesia tuh terkadang mendefinisikan cantik seseorang harus putih, tinggi, langsing, bebas dari jerawat dll. Padahal cantik itu ga ada standarnya loh, karena pada dasarny semua perempuan itu cantik dan sudah pasti memiliki bentuk tubuh yang berbeda dan layak untuk dihargai. Selain dihargai, kita pun harus bisa menghargai diri sendiri dengan bersyukur.

Body shaming biasanya tidak kenal itu siapa pelakunya karena bisa saja dari orang-orang terdekat sekitar kita. Body shaming ini bisa terjadi dalam bentuk tindakan ataupun ucapan yang mungkin ga banyak disadari padahal kalimat tersebut menyakitkan perasaan orang lain. Makanya mulai dari sekarang, daripada kita ga bisa menjaga ucapan, ga bisa berkata yang baik, lebih baik kita ga usah berucap sama sekali.

Penasaran kalimat apa saja sih yang bisa bikin body shaming?

1.”Kamu kalau kurusan kayanya lebih cantik deh”

Di jaman sekarang entah mengapa kita selalu di tuntut untuk punya tubuh yang sesuai dengan pandangan orang lain dengan berbagai tipe. Padahal mungkin yang memiliki tubuh seperti itu sudah merasa percaya diri dengan dirinya, tapi terkadang tubuh mereka tidak bisa diterima dimasyarakat. Dengan kalimat seperti itu seakan-akan kita menuntut seseorang untuk merubah bentuk. Sedangkan kita ga pernah tau bagaimana kerasnya usaha yang dilakukan orang tersebut untuk menurunkan berat badannya. Jangan sampai dengan omongan seperti itu membuat mereka jadi putus semangat.

2.”Kok kamu pede banget sih pake baju itu”

Dimana-mana orang memakai pakaian tersebut dan keluar rumah, berati menandakan orang itu pede kan? tapi kenapa sih orang-orang itu mulutnya jahat banget, walaupun kamu mengomentari pakaiannya tapi itu juga udah termasuk body shaming loh. Kalau misalnya orang tersebut bisa menerima komentar kamu sih gapapa, gimana kalau sakit hati dan malah buat ga percaya diri? plis ya stop untuk berkata-kata yang sekiranya cuma iseng, tapi itu bisa buat orang moodnya turun bahkan hubungan kalian bisa renggang.

3.”Masa cewe kulitnya gitu, perawatan dong”

Inget ya guys, cantik itu bukan dilihat dari fisik saja, cantik itu cakupan luas dan di dunia ini ga ada standar kecantikan khusus. Emangnya orang yang bertubuh curvy ga cantik? Yang berkulit sawo matang ga cantik juga? Gimana kalau misalnya orang tersebut memang menginginkan kulit tanned? Mungkin mereka bakal berpikir berkulit tanned lebih eksotis, lebih manis. Makanya mereka ga melakukan peratawan dan lain-lain berati memang dia pede dengan keadaan yang seperti itu. Bagaimanapun penampilan setiap perempuan, mereka punya cantiknya sendiri-sendiri dan plis jangan menyamaratakan.

4.”Yakin kamu makan sebanyak itu? Inget badan yuk”

Walaupun kamu sudah kenal lama dengan prang tersebut, tapi kalau tetap membandingkan penampilan fisik itu bukan hal yang baik. Walaupun ga ada nniat untuk mencel tapi kan lebih baik jika kita bisa menghargai satu sama lain. Saat ada kesempatan untuk ga berkomentar negatif, kenapa kita malah memilih untuk mengucapkan kalimat yang bisa menyakitkan orang lain?

5.”Kenapa muka kamu jadi jerawatn gitu? Jangan banyak pikiran deh”

Sepertinya kalimat diatas yang menyatakan bahwa itu akan menunjukkan pedeulian kita terhadap orang lain. Tapi sebenarnya, kalimat tersebut malah bisa membuat orang lain menjadi sedih. Hey kalian tau gak sih? gak ada orang yang ingin punya jerawat, semua orang bahkan di dunia sekalipun menginginkan wajah yang bersih, gimana cara kita mengontrol jerawat itu sedangkan itu adalah jerawat hormonal?

Kalau kalian tau, kalimat tersebut itu seperti memperjelas keadaan yang dimana pasti itu sudah di sadari oleh korbanya. Gausah deh kalian ngomong lagi dan gak perlu sok-sok care padahal itu hanya menjatuhkan.

6.”Enak ya orang kurus, makan banyak pun ga akan gendut”

Penyataan tersebut memang seperti keuntungan yang bisa dimiliki oleh orang lain, tapi kan bukan berati dengan menerima ucapan tersebut, orang itu jadi merasa beruntung. Karena mungkin dibalik itu semua orang tersebut ingin memiliki badan yang lebih berisi, lebih ideal, tapi memang bawaannya harus kurus ya kita bisa apa?

Mulai sekarang plis stop body shaming terhadap siapapun mau langsung atau secara ga langsung. Sejatinya kita ga pernah tau bagaimana usaha yang sedang mereka lakukan untuk mengubah dirinya. Jangan sampai dengan kalimat jahat kamu itu malah jadi mengurungkan diri mereka untuk menjadi yang lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *